Hubungan Aksitektur Komputer dan Kognisi Manusia

Sabtu, 06 Oktober 2012


Pengertian Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya)
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Sebuah sistem computer yang berkaitan dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (visible) bagi seorang pemrogram yang berdampak langsung dengan eksekusi logis sebuah program (William Stalling)
Arsitektur computer memungkinkan manusia untuk membuat piranti keras dan lunak yang memudahkan manusia untuk berkomunikasi dengannya.

Pengertian Kognisi Manusia
Istilah kognisi (dalam bahasa latin mengacu pada: cognoscere, “tahu” “untuk konsep”) mempunyai hubungan dengan hal memproses informasi, menerapkan pengetahuan, dan preferensi berubah. Kognisi, atau proses kognitif bisa alami atau buatan, sadar atau tidak sadar. Proses ini dianalisis dari perspektif yang berbeda dalam konteks yang berbeda, terutama di bidang linguistik, anastesi, neurologi, filsafat, antropologi, ilmu komputer dan psikologi.
Definisi Kognisi manusia itu sendiri adalah aktifitas mental yang terjadi pada saat penyimpanan informasi dan pengambilan kembali ingatan. Lebih dari itu, kognisi manusia mencakup bagaimana memperoleh dan memahami, mengenbangkan, menggunakan, menilai, menalar, membayangkan, bahkan juga mentransformasi informasi atau pengetahuan.

Apa Hubungan antara Arsitektur computer dan Kognisi Manusia
Sebagai manusia, walau memiliki kemampuan kognisi yang luar biasa tetap memiliki banyak kekurangan. Untuk membantu manusia dalam pekerjaannya, maka diciptakanlah berbagai teknologi yang disebut kecerdasan buatan (artifical intelegence). Dalam hal ini yang paling dikenal dengan komputer. Komputer terus berkembang, dan dibuat serupa dengan sistem kognisi manusia. Contohnya adalah tombol qwerty yang belakangan lazim digunakan di smartphone merupakan hasil penelitian pada kognisi manusia, yaitu dimana manusia memetakan huruf yang sesuai dengan pola yang dimiliki otak dan jarinya, sehingga lebih mudah untuk mengetik dibandingkan dengan model huruf lain. Contoh lain adalah ikon “next” pada OS komputer yang umumnya berbentuk tanda panah kekanan, sedangankan “back” umumnya tanda panah kekiri, hal ini karena umumnya kognisi manusia lebih condong kea rah kanan untuk berfikir hal-hal untuk masa depan, dan kiri untuk mengingat masa-masa yang lampau.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar