Final Softskill SIP

Minggu, 25 November 2012


PENGARUH PENGENALAN KOMPUTER PADA PERKEMBANGAN PSIKOLOGI
ANAK: STUDI KASUS TAMAN BALITA SALMAN AL FARISI

Ditulis oleh : Mukhammad Andri Setiawani, Army Widyastuti dan Aulia Nurhuda
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Islam Indonesia
Yogyakarta

Kesimpulan
Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner tentang pengenalan komputer kepada anak yang diberikan kepada orang tua dari anak-anak yang dititipkan di Taman Balita Salman Al Farisi. Dari kuesioner yang telah disebarkan, diperoleh data bahwa semua anak di Taman Balita Salman Al Farisi telah diperkenalkan komputer oleh orang tuanya, baik berupa permainan komputer(computer game), CD interaktif, dan Multimedia.
Untuk mendapatkan data mengenai perkembangan anak, data dari kuesioner orang tua dilengkapi dengan tes perkembangan anak. Dengan demikian diharapkan akan dapat diketahui seberapa jauh perkembangan anak dan hubungannya dengan pengenalan komputer. Alat tes yang dipergunakan untuk menentukan perkembangan anak adalah Kartu Perkembangan Anak (KPA). KPA merupakan wujud deteksi dini (screening) terhadap perkembangan anak. KPA disusun berdasarkan: Bayley Scales of Infant Development, Tes Stanford – Binet, Denver Development Screening Test, Deteksi Kelainan Tumbuh Kembang Dini Depkes RI. Dari hasil pegukuran tersebut menunjukkan bahwa anak dengan dengan interaksi komputer yang lebih intensif menunjukkan nilai KPA dengan selisih yang cukup tinggi dari nilai standar.


MENGENAL INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Ditulis oleh: Dewi Agushinta Rahayu dan Dyah Pratiwi
Fakultas Sistem Informasi
Universitas Gunadarma
Depok

Kesimpulan
Menurut penelitian ini, Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) merupakan subyek yang menggunakan teori dan metode yang relevan dari banyak bidang ilmu, meliputi ilmu-ilmu fisik dan sosial, juga teknik dan seni. Kontribusi yang penting dalam IMK berasaI dari ilmu komputer dan psikologi. Kontribusi laniutan berasal dari matematika, seni grafik, sosiologi dan intelejensi buatan.
Teori psikologi memberikan kontribusi yang besar terhadap pengertian IMK. Psikologi memperhatikan hal-hal tentang pengertian, model, ramalan dan penjelasan tentang apa yang menjadi fenomena paling kompleks, yatu perilaku manusia. Teori psikologi meliputi topic motivasi, emosi dan kesadaran sosial, sosial, dan lain sebagainya sehingga sulit mengatakan bidang psikologi mana yang relevan terhadap IMK karena semua aspek dari perilaku manusia mempunyai pengaruh terhadap interaksi manusia ke komputer dan komputer mempengaruhi perilaku manusia dalam segala cara.


EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM BELAJAR MICROSOFT EXCEL DI KELAS VIII SMP DUA MEI BANJARAN
Ditulis oleh: Dedi Herianto, Parsaoran Siahaan, Jajang Kusnendar
Fakultas Pendidikan Ilmu Komputer
Universitas Pendidikan Indonesia
Bandung

Kesimpulan
Peneliti menggunakan salah satu variabel dalam psikologi yaitu efektivitas. Secara umum, efektivitas bisa diartikan keberhasilan. Dalam penelitian ini efektivitas diartikan sebagai keberhasilan dalam penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional.
Tutor sebaya adalah sekelompok siswa yang telah tuntas terhadap bahan pelajaran, memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami bahan pelajaran yang dipelajarinya. Bantuan belajar oleh teman sebaya dapat menghilangkan kecanggungan. Bahasa teman sebaya lebih mudah dipahami, selain itu dengan teman sebaya tidak ada rasa enggan, rendah diri, malu, dan sebagainya, sehingga diharapkan siswa yang kurang paham tidak segan-segan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya.
Inti dari metode pembelajaran tutor sebaya adalah pembelajaran yang pelaksanaannya dengan membagi kelas dalam kelompok-kelompok kecil, yang sumber belajarnya bukan hanya guru melainkan juga teman sebaya yang pandai dan cepat dalam menguasai suatu materi tertentu.
Dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa kelas VIII SMP Dua Mei Banjaran Tahun Pelajaran 2009/2010 pada pokok bahasan rumus dan fungsi dengan menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional dalam hal meningkatkan hasil belajar. Secara umum terjadinya perbedaan hasil belajar dimungkinkan karena dalam model pembelajaran Tutor Sebaya dikembangkan keterampilan siswa dalam bekerja sama, hubungan antara pribadi yang positif dari latar belakang yang berbeda, menerapkan bimbingan antar teman, dan tercipta lingkungan yang menghargai nilai-nilai ilmiah yang dapat membangun motivasi belajar pada siswa dan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya.

Perbedaan Kepuasan Mahasiswa Pengguna Kartu Selular Teknologi GSM Dan CDMA
Ditulis oleh: Rahmat Sutrisno dan Dona Eka Putri, Psi., M.Psi.
Fakultas Psikologi
Universitas Gundarma
Depok

Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk menelitin apakah ada perbedaan kepuasan mahasiswa pengguna kartu selular GSM dan CDMA. Variabel psikologi yang diukur sudah sangat jelas adalah kepuasan. Kepuasan dalam penelitian ini adalah suatu emosi yang dihasilkan dari penilaian-penilaian atas rangkaian pengalaman. Ketika konsumen mengalami pengalaman yang positif terhadap suatu produk atau pelayanan, maka secara tidak langsung terhadap penilaian yang positif juga terhadap produk dan pelayanan yang bersangkutan, sehingga pada akhirnya tercapailah apa yang disebut dengan kepuasan konsumen.
Ada beberapa hal yang menyebabkan kepuasan konsumen antara lain: kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, emosi, dan kemudahan mendapatkan produk. Dari faktor yang menyebabkan kepuasan tersebut dapat ditarik kesimpulan akhir dari penelitian bahwa ada perbedaaan kepuasan mahasiswa pengguna kartu selular teknologi GSM dan CDMA. Hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji T (t-test) yaitu, Paired Sample T Test diperoleh nilai t sebesar 10,212 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Berarti ada perbedaan kepuasan mahasiswa yang sangat signifikan pengguna kartu selular teknologi GSM dan kartu selular teknologi CDMA.


The Helping Tool For Identification Of Mentally Retarded Children By Web-Based
Ditulis oleh: Umi Fadillah, Eko Nugroho, dan Abdul Kadir
Tim gabungan dari Universitas Surakarta dan Universitas Gajah Mada
Yogyakarta

Kesimpulan
Terkadang orang tua yang memiliki anak yang mengalami ganguan retasrdasi sulit untuk mngetahui kepribadian anak berkebutuhan khusus, hal tersebut menyebabkan sedikitnya pengetahuan untuk memberikan pendidikan dan perhatian yang sesuai dengan kondisi anak. Identifikasi dari gangguan mental yang dialami anak penting dilakukan terutama ketika tahap awal sekolah untuk menentukan pendidikan dan perhatian terhadap anak itu sendiri. Untuk menentukan identifikasi tersebut dbuatlah aplikasi sistem pakar menggunakan PHP dan software lain yang menjanjikan hasil lebih cepat dibandingkan dengan pemeriksaan manual.
Data dari tes yang akan digunakan berasal dari tes CPM (coloured Progessive Matrices) dan karakteristik lain yang menunjukkan gejala retardasi mental. Hasil akhir yang akan didapat adalah skor IQ dan klasifikasi retardasi mental anak secara cepat dan akurat.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menggunaan sistem pakar bisa disimpulkan bahwa pengetahuan dasar tentang gejala retardasi mental yang dibuat mengunakan PHP MySQL bisa memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan menggunakan tes manual,sistem pakar ini bisa memberikan hasil yang valid karena merupakan gabungan dari tes dasar IQ dan karakteristik dari anak yang mengalami gangguan mental, data dari sistem pakar ini bisa diupdate tanpa merusak dasar pemrograman, sistem ini bisa membantu psikolog dan guru SLB untuk mengklasifikasikan anak yang mengalami gangguan mental sehingga bisa menberikan yang terbaik untuk mereka. Singkatnya, sistem pakar tentang identifikasi anak yang mengalami gangguan mental sangat bermanfaat baik bagi orang tua, psikolog, bahkan guru SLB tempat mereka akan bersekolah nanti karena memberikan data yang akurat bagaimana mendidik dan memberikan perhatian yang paling tepat untuk mereka.

0 komentar:

Posting Komentar